Senin, 02 April 2018

resume film Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar



Resume Film“Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar”



Judul                            : Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar
Pemeran                        : Chelsea Islan (Merry Riana)
                                       Dion Wiyoko (Alfa)
                                       Karim Niniek (Miss Noor)
                                       Kimberly Rider (Irene Lee)
                                       Chyntia Lamusu (Mama Merry Riana)
                                       Ferry Salim (Ayah Merry Riana)
Rilis tahun                     : 24 Desember 2014
Bahasa                          : Indonesia, Melayu, Inggris
Produksi                        : MD Pictures


Awal cerita dimulai pada saat terjadinya kerusuhan di Indonesia pada Mei 1998. Dimana pada peristiwa itu, keturunan Tionghoa menjadi korban diskriminasi. Pada waktu terjadi kerusuhan di Jakarta dan banyak pihak yang menjadi korban dan dirugikan, termasuk salah satunya adalah keluarga Merry. Merry yang pada saat itu baru tamat SMA, dikirim oleh Papanya ke Singapura karena menurut Papanya situasi disana akan lebih aman dibandingkan dengan situasi di Jakarta. Di dalam perjalanan menuju bandara  mereka dihadang oleh kawana penjarah dan harus terpaksa melepas harta benda demi keselamatan. Orang tua Merry terpaksa harus menjual barang-barang mereka yang tersisah untuk membeli satu tiket untuk Merry. Meskipun pada awalnya Merry tidak ingin pergi sendirian tanpa keluarganya, dengan berat hati Merry terbang ke Singapura dengan hanya bermodalkan sebuah laptop, beberapa lembar uang dan sebuah kartu nama yang diberikan oleh Papanya.

Setelah tiba di Singapura, Merry langsung menuju ke alamat yang tertera dalam kartu nama yang di berikan papanya. Ternyata Om Hans (pemilik kartu nama tersebut) sudah pindah dan tidak tinggal di sana lagi. Secara tidak sengaja Merry bertemu dengan Mrs. Noor yang baik hati memberinya izin untuk mengakses internet dengan akun miliknya. Merry pun segera memberikan kabar kepada keluarganya bahwa ia telah tiba di Singapura. Merry pun tidak putus asa begitu saja, melalui media social ia temukan seorang temanya sewaktu SMA bernama Irene yang memang kuliahdi Singapura. Merry tidak mengenal begitu akrab dengan sosok Irene, tapi Merry yakin bahwaIrene adalah teman yang baik. Dengan bantuan Irene, Merry akhirnya menemukan tempat untuk dijadikan tinggal sementara sampai ayahnya datang. Merry menginap di asrama Irene secara ilegal.

Karena perbuatanya itu melanggar aturan akhirnya Merry harus diusir dari asrama itu. Irene,mencoba untuk bernegosisasi dengan pihak kampus agar Merry dapat menginap di sana, Pihakkampus memberi syarat untuk tinggal disana harus menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Dan untuk menjadi mahasiswa di universitas tersebut, Merry harus melewati tes.Merry yangmemiliki kegigihan dan kepintaran akhirnya lolos seleksi ujian dan diterima di salah satu perguruan tinggi terbaik di Singapura. Senyum Merry lantas hilang ketika dia tahu bahwa harusmembayar uang sebesar $40.000. Salah satu harapan Merry adalah mengambil student loanyang hanya bisa didapat jika ada yang menjadi penjamin. Karena tidak ada kerabat dan Irenetidak bisa menjadi penjamin, Merry pun harus mencari mahasiswa senior yang bisa menjadi penjaminnya.  Dari sanalah Merry dikenalkan seorang mahasiswa senior oleh Irene bernama Alfa. Alfa bersedia menjadi penjamin bagi Merry dengan berbagai syarat, salah satunya menyuruh Merry untuk mencari kerja sambilan.

Merry sadar dengan kondisi yang dialami saat itu ia harus betul-betul mandiri, ia berusaha keras untuk mencari pekerjaan namun tidak mudah. Setelah mengalami penolakan dari beberapa tempat kerja, Merry akhirnya diterima di suatu organisasi sosial sebagai penyebar brosur dengan gaji rendah. Ia juga sempat bekerja sebagai cleaning service (singapore flyer) di suatu perusahaan wahana. Bisnis online dan bermain saham resiko tinggi juga sempat Merry lakukan hingga membuat kondisi keuangannya naik turun. Pada akhirnya Merry bekerja di suatu perusahaan asuransi sebagai agen, berjalannya waktu Merry mendapat nasabah bernama Noor seorang janda yang sangat dermawan. Merry dan Noor sebetulnya sudah pernah bertemu dan mengenal baik antara keduanya, dari sanalah Noor menginvestasikan 100.000 Dollar-nya karena menyukai kepribadian Merry dengan kegigihannya. Sejak saat itu dan seterusnya kehidupan Merry menjadi lebih baik hingga ia lulus kuliah dan mendapat satu juta Dollar pertamanya pada usia 26 tahun.


Kekurangan :
        Beberapa adegan di akhir film bertempatan di Singapore Flyer yang tidak masuk akal untuk adegan yang terjadi di akhir abad ke 20 (setelah tragedi 1998)
        Pada akhirnya, lebih menonjolkan cerita cinta (drama)
Kelebihan :
        Perjuangan Merry Riana diceritakan dengan baik di Film ini
        Teks tidak terlalu baku, dan tidak terlalu kasar, sehingga mudah dicerna
        Diselingi sedikit unsur drama dan komedi

Nilai :
        Nilai pesan yang ingin disampaikan melalui film ini adalah : jangan pernah menyerah dengan kondisi apapun meski dirasa sulit untuk kita melaluinya, dengan tetap yakin dan berusaha semua masalah pasti akan terselesaikan
        perjuangan pantang menyerah dari Merry Riana untuk sukses dan menggapai cita – citanya. Meski beberapa kali mengalami kegagalan, dengan berusaha dan tekad yang kuat serta pantang menyerah akan mengasilkan hasil yang baik(kesuksesan).

1 komentar:

  1. BERGABUNGLAH BERSAMA DENGAN B O L A V I T A . WIN

    BANYAK BONUS & PROMO DI SETIAP HARINYA!!!

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html